Berita  

Dengan Penuh Hikmat Upacara Hari Juang Kartika TNI AD Dilaksanakan di Lapangan Makodim 0810/Nganjuk

Nganjuk – Untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam berjuang dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, segenap Prajurit dan PNS Makodim 0810/Nganjuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD TA 2023.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Andi Sasmito S.I.P., bertindak selaku Inspektur Upacara, Danramil Bagor, Kapten Inf Dul Karim selaku Komandan Upacara dan Sertu Gunawan selaku Pengucap Sapta Marga bertempat di Lapangan Makodim. Kamis (15/12/2023)

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara didampingi Komandan Upacara.
Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
yang dibacakan Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Inf Andi Sasmito S.I.P. “Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita sekalian, Shalom, Om Swastiastu, Namo buddhaya, Salam Kebajikan, Yang saya hormati hadirin dan tamu undangan, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap Pegawai Negeri Sipil TNI AD yang saya cintai dan saya banggakan,

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan rahmatNya, kita dapat melaksanakan Upacara Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dalam keadaan sehat walafiat

Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”, Tema ini memiliki makna
yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.

Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin, Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks.
Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD.

TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu, dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI

Demikian amanat saya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan. petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita, dalam melanjutkan tugas pengabdian bagi kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
yang sangat kita cintai bersama. Sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Shalom, Om Santi Santi Santi Om, Namo buddhaya, Salam Kebajikan

Dandim 0810lNganjuk menambahkan
Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang TNI AD dimanfaatkan untuk melakukan refleksi dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama untuk mewujudkan TNI AD yang kuat tangguh adaptif modern dan profesional yang ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *